Jumat, 07 Desember 2012

Wawancara Axl Rose (October 31, 2012)



Berikut adalah wawancara Axl Rose di malam pertama show GN'R di The Joint, Hard Rock Cafe & Casino. Penampilan GN'R di tempat bergengsi di Las Vegas tersebut, dihelat sebanyak duabelas kali dari tanggal 31 Oktober dan berakhir tanggal 24 November 2012. 

Lagu baru:
“Semua personil menulis lagu dan kami telah merekam banyak lagu selama beberapa tahun ini. Kami akan memahami apa yang kami rasa sebagai yang terbaik. Chinese dikerjakan sedikit demi sedikit dengan seserang disini dan yang lain disana pada waktu yang berbeda. Appetite for Destruction adalah satu2nya album yang lirik dan fiting melodi gitarnya ditulis dalam waktu yg bersamaan. Setelah itu, aku mendapatkan lagu dengan gitar secara bertubi2 dimana aku harus membubuhkan lirik di lagu tersebut dan aku tidak tau apakah itu yang terbaik untuk Guns. Aku sebenarnya ingin lebih bersandar pada lirik dan melodi.”

Chinese Democracy yang telah ditunggu lama:
“Aku harus berurusan dengan banyak hal yang sebenarnya tidak berhubungan dengan musik tapi berhubungan dengan industri. Itu sangat membuang2 waktu. Itu lebih kearah mencoba bertahan hidup. Tidak ada seseorang yang diajak bekerjasama atau bisa dipercaya. Beberapa orang tampak mau membantu produksi album tapi kenyataannya mereka hanya ingin segera mixing dan cepat2 mengeluarkannya. Mereka punya agenda yang lain. Album berikutnya akan segera keluar.”  

Kemerosotan penulisan lagu:
“Supermodel Stephanie Seymour, gitaris Slash dan bassist Duff McKagan, mereka membahayakan kemampuanku sebagai penulis. Bagi mereka bertiga, itu semua omong kosong. Itu benar2 menjatuhkanku. Pada saat tur Illusion, Slash dan Duff mengatakan, “Kamu idiot, kamu adalah seorang pecundang”. Aku tidak menulis lagu selama bertahun2. Aku merasa aku dihalang2i dalam waktu yang sangat lama. Aku mencoba memahami apa yang akan aku katakan, ketika tiba saatnya untuk melepaskan itu semua dan ketika kamu sedang menggali lubang yg lebih besar. Lirik dalam Chinese membutuhkan waktu yang panjang.” 

Saat2 indah bersama GN’R:
“Ini yang paling kurindukan dengan old Guns. Dan ini benar2 terjadi sebelum Appetite dirilis. Pada awalnya, kamu punya tiga orang (Rose, Slash dan Izzy Stradlin) yang dalam waktu yang singkat sejalan dalam mencari yang terbaik untuk band dan tujuannya. Dari awal kami memang berusaha untuk mendapat kontrak. Kami mencoba mencari pengacara yang tepat, label rekaman yang tepat, dan aku punya dua orang lain yang bisa kuandalkan. Aku tidak begitu memerlukannya sekarang karena ini lebih seperti proyek ku, tapi aku selalu menanyakan pendapat personil yang lain tentang segalanya.”

Bagaimana supaya original line up bisa bertahan:
“Mungkin jika kami bisa bekerja sama seperti kami mengerjakan Appetite. Aku benar2 naif. Kupikir kesuksesan album itu akan semakin menyatukan kami semua tapi yang terjadi sebaliknya. Mereka sukses dan selanjutnya setiap orang ingin melakukannya dengan jalannya masing2. Kupikir mereka akan berkata “wah, kita berhasil” tapi ternyata mereka ingin meraih kesuksesan mereka sendiri melebihi kesuksesan Guns.”

Kendala untuk berdamai:
“Kupikir bola tidak ada padaku. Aku yang bertahan dalam peperangan ini, bukan yang menciptakan perang.”

Industri musik sekarang:
“Itu mengerikan. Tidak ada hubungannya dengan musik. Aku tidak mencoba untuk menjadi pahit atau sinis, tapi itu benar2 sebuah bisnis yang buruk. Orang2 ingin kamu peduli pada mereka, kehidupan mereka atau anak2 mereka, tapi pada akhirnya kamu hanya jadi komoditas. Aku tidak merasa seperti itu dengan line up Guns sekarang. Aku tidak mencoba memanfaatkan mereka. Aku harus memperlakukan ini sebagai bisnis tapi aku tidak ingin membuat keputusan yang bisa merusak kesejahteraan siapapun.”

Tidak menghadiri pelantikan Rock and Roll Hall of Fame 2012:
“Tidak menyakitkan untuk tidak hadir disana. Ini tidak mudah, mendapat semua tekanan itu, bahwa aku harus datang dan memutuskan apa yang harus kulakukan. Aku mencoba untuk respek karena mendapatkan suatu kehormatan atau pelantikan, tapi aku tidak benar2 tau apa sebenarnya Rock and Roll Hall of Fame itu. Sepengalamanku dengan orang2 yang mengadakannya, yang kulihat mereka hanya ingin mencari uang.”   

Mengasingkan diri dan menghindari media:
“Aku tidak pergi ke arah dimana media berada. Kadang aku tidak tertarik untuk itu. Jika tempat yang dituju adalah restauran di Hollywood, aku memilih pergi ke lembah. Begitu banyak hal negatif, aku tidak ingin go public. Aku merasa aku akan dihempaskan. Dunia hiburan rock hanya ingin menjual majalah.”

Isu psikologis:
“Aku melewati sebagian besar dari itu. Menjadi hal yang aneh ketika kamu sukses dan kamu kehilangan hampir semua keluargamu. Kemudian kamu akan berakhir di talk shows TV. Tiba2 semua hal menjadi menakutkan ketika aku tumbuh dewasa. Lalu apa? Kamu diperlakukan dengan kejam? Siapa yang peduli? Ada sesuatu yang lebih dari sekedar pengakuan publik akan kenyataaan. Ketika aku mengatakan tentang hal itu pada Rolling Stone, kupikir orang2 akan berekasi keras terhadap ayah tiriku, tapi mereka malah bereaksi keras terhadapku. Itu masih membingungkan buatku. Tapi bertahan hidup dalam level apapun adalah bagus. Aku lebih baik dari yang banyak orang prediksi. Mereka benar2 berusaha untuk sebaliknya. Di internet ada kabar bagaimana aku akan ditemukan mati. Aku memiliki sikap yang sangat buruk.”   

Waktu luang:
“Aku menonton bioskop, pergi bersama teman2, pergi ke pameran mobil. Aku punya kebun binatang. Binatang2 itu (serigala, betet, anjing, kucing) menjadi sahabatku. Mereka butuh banyak cinta dan perhatian.”

Fans yang menganggap GN’R sekarang tidak lebih bagus dari yang dulu:
“Mereka bisa berpikir semau mereka. Aku tidak tertarik dengan pendapat mereka.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar