Jumat, 07 Desember 2012

Wawancara Bumblefoot dengan Metality


Menjadi gitaris band sebesar Guns N’ Roses adalah prestasi yg luar biasa dan pasti menjadi pengalaman hebat. Bagaimana semua itu terjadi?
Sudah lebih dari 8 tahun yg lalu ketika GN’R menghubungiku. Pada saat itu, aku sedang merilis albumku sendiri, tur, menjadi produser band2 hebat, menjadi bintang tamu artis2 keren, memberi lisensi di acara TV dan videogames, mengajar musik di sebuah universitas. Hidupku begitu lengkap dan menarik dan tawaran untuk mengesampingkan itu semua demi bergabung dengan band lain... aku mengatakan tidak. Satu setengah tahun kemudian, mereka menghubungiku lagi dan kami berhasil. Aku harus membatalkan tur Bumblefoot dari Rusia sampai Iceland, berhenti mengajar, menghentikan produksi termasuk albumku sendiri dan mengambil kesempatan untuk menyulap semuanya. Kami nge-jam tujuh kali, aku mempelajari semua lagu di album Chinese Democracy yg belum dirilis itu , dengan mendengarkan lewat laptop selama setengah jam dengan bolpen dan kertas di tangan dan aku ... (hit the road)

Apakah kamu punya pemanasan yg khusus sebelum tampil live?
Biasanya aku berjalan2 di ruangan dengan gitar di tanganku dan memainkan apa saja, hanya untuk melemaskan jari2 tangan. Tapi kadang aku memainkan lagu yang bakal kumainkan, supaya lebih percaya diri bahwa aku aku tau apa yg sedang kumainkan. Tapi tidak ada pemanasan rutin yg spesifik, hanya itu saja

Seperti apa kehidupan dlm tur? Dari yang aku baca di bio kamu, tampaknya kamu mendapatkan pengalaman yg luar biasa tapi juga ada beberapa kesulitan. Aku pikir dalam proyek yg berbeda, pengalaman juga akan berbeda, tapi ceritakan seperti apa suka dukanya?
Pertama, dukanya... ketika sakit atau terluka dan mencoba untuk menyelesaikan show ketika kamu secara fisik tidak mampu. Itu yg terburuk, bukan hanya secara fisik tapi secara mental juga – itu merupakan perasaan yg tak tertolong. Dan ketika keluargamu di rumah membutuhkanmu dan kamu tidak bisa ada disana untuk mereka. Sukanya adalah membuat orang senang, itulah alasan utama setiap entertainer. Ketika audiens mengejutkanmu dengan membentangkan banner besar melewati 100 orang, itu pemandangan yg luar biasa. Ketika orang2 mendatangimu dan memberitau bahwa musikmu membantu mereka melewati masa2 sulit, ketika kamu bisa membuat musik untuk menolong mereka yg membutuhkan, itu yang paling berarti. Itu semua sukanya.

Setelah membaca biografimu, tampaknya kamu mengalami berbagai macam kesulitan dalam hidup dan mencoba banyak solusi alternatif, meskipun  itu tampak tidak berhasil. Apakah kamu akan mengatakan bahwa musik adalah sumber dari harapan dan kebahagiaanmu selama ini?
Musik memang seperti itu. Kesulitannya adalah ketika bisnis membunuh semangatmu dan itu merubah musik menjadi sumber stress kamu. Itu bagian tersulitnya – ketika kemampuan untuk menyembuhkan dari musik dikuliti, itu menjadi sangat berbahaya. 

Proyek apa yg sedang kamu kerjakan belakangan ini, dan apakah kita dapat mengharapkan album dlm waktu dekat?
Tahun lalu, aku merilis sembilan single Bumblefoot, semua dilengkapi dengan transkrip, mix pengganti dan stem rekaman. Aku memproduksi dan merilis album debut dari artis rock perempuan Alexa Vettere dan Poc. Aku menambahkan gitar dan mixing akhir untuk album rapper Scarface yg akan segera rilis “Work Ethic”. Ketika tur sedang break, aku menambahkan part solo gitar untuk berbagai macam album, tampil dalam pertunjukan amal dan kemudian segera melanjutkan tur lagi. Aku akan sangat senang seandainya bisa menulis lagu bersama GN’R saat ini tapi kehidupan kadang berbeda dengan apa yg telah direncanakan. Aku berharap bisa segera mulai menulis lagu dengan mereka ketika kami sedang bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar